Sabtu, 12 Agustus 2017

Gejala Dan Cara Penyebaran Penyakit Chikungunya

Gejala Penyakit Chikungunya

Vektor berupa nyamuk ini berperan sebagai organisme yg menyebarkan virus chikungunya kedalam tubuh manusia. Sebenarnya nyamuk ini pun merupakan jenis nyamuk sama yg mengakibatkan demam berdarah yg umum mengakibatkan demam berdarah. Sehingga perlu di waspadai bila kita dihinggapi nyamuk ini.


Terkadang seseorang tak terlalu perhatian dengan gejal-tanda plu ini. Artinya mereka tanpa memeriksakannya menuju docter, umumnya hanya membelikan obat plu di apotik atau di warung-warung terdekat. Sehingga mengakibatkan tanda ini tak sehat sebab obat yg salah. Sebab terjadi cukup lama & seseorang ini pun belum mengkonsumsi Obat Chikungunya di apotik, maka terjadilah tanda-tanda yg berikutnya.

Berikut adalah beberapa tanda yg terjadi selanjutnya saat seseorang terserang penyakit Chikungunya, dianatranya sebagai berikut :
  • Rasa nyeri dipersendian
Rasa nyeri atau sakit di sendi merupakan keluhan yg kerap muncul sesudah timbul demam ini. perkara ini bisa bermanipestasi berat yg mengakibatkan kadang pengidap menjadi merasa lumpuh. umumnya sendi yg kerap dikeluhkan mulai sendi lutut, pergelangan, jari kaki, tangan, & tulang belakang.
  • Terasa sakit pada bagian otot
Kondisi ini umumnya terjadi di seluruh otot khusnya di otot bagian kepala & daerah bahu. Terlebih pun dapat hingga terjadi pembengkakan di pada otot sekitar mata kaki.
  • Bercak kemerahan atau ruam di kulit
bercak-bercah kemerahan di kulit seperti orang yg mau terserang cacar air. perkara tersebut umumnya terjadi di hari pertama saat demam melanda. namun lebih kerap di hari menuju 4-5 demam. Lokasinya umumnya di daerah wajah, badan, tangan, kaki & kadang ditemukan perdarahan di gusi.
  • Tiba- tiba mengalami demam yang tinggi
Kondisi demam yg kaya tersebut umumnya terjadi di demam yg selanjutnya sesudah hari pertama ini. Kondisi tersebut umum ditandai dengan menggigil & wajah yg kemerahan. Sedangkan panas yg kaya ini berlangsung selama 2-4 hari lalu kembali normal.
  • Mengalami sakit kepala
Rasa sakit kepala merupakan keluhan yg kerap ditemui bersamaan dengan keluah-keluhan yg lainnya.
  • Tubuh mengalami kejang
Kejang umumnya ditemui di anak-anak dampak dari panas yg terlalu tinggi, tapi kejang ini kadang terjadi bukan dengan cara langsung oleh penyakitnya.

Demkianlah beberapa tanda yg bisa terjadi & mengindikasikan seseorang terjangkit oleh Chikungunya. Sebenarnya Chikungunya umum terjadi di daerah yg mengalami curah hujan tinggi. Seperti di daerah sebagian besar yg berada di Asia & Asia Tenggara, Aprika Barat, Aprika Timur, & di sekitar Lautan Hindia.

Cara penyebaran penyakit chikungunya

Buat penyebaran atau buat tentang bagaimana penyakit Chikungunya menjangkiti seseorang, berikut penjelasannya:
  • Dari ibu menular kepada bayinya

Ibu melahirkan yg terinfeksi virus penyakit Chikungunya dapat menularkan penyakit ini di bayi yg baru dilahirkannya. Tapi, perkara tersebut jarang sekali terjadi.
Dikhawatirkan pun virus penyakit Chikungunya dapat menular di ibu dari proses menyusui. Sehingga, usahakan selalu menyusui di dalam ruangan yg mempunyai ventilasi yg baik.
  • Penyakit Chikungunya dari gigitan nyamuk
Virus penyakit Chikungunya ditularkan di manusia oleh gigitan nyamuk terutama nyamuk betina. Pada umumnya, nyamuk yg berperan dalam penyebaran virus penyakit Chikungunya ialah nyamuk Aedes aegypti & Aedes albopictus. Kedua jenis nyamuk tersebut juga yg merupakan nyamuk faktor penyebab adanya tanda demam berdarah dengue atau DBD. umumnya kedua jenis nyamuk tersebut menggigit di saat siang hari. Meski penyebaran virus tersebut melalui nyamuk, tapi alangkah baiknya buat tahu bagaimana cara mencegah demam berdarah dengue supaya tak memunculkan penyakit lain yg berbahaya.
  • Melalui Transpusi Darah
Banyak teori yg mengatakan bila virus penyakit Chikungunya bisa menular di seseorang jika ia melakukan transpuse darah, & ternyata darah yg telah ditranspusikan ini telah terinfeksi virus penyakit Chikungunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar